Search This Blog

Monday, July 17, 2017

Naturalisme Air Terjun Sekeper di Lombok Utara-NTB

Air Terjun Sekeper di Lombok Utara-NTB


Foto: Air terjun Sekeper, Lombok Utara-NTB

Air terjun di Lombok Utara yang masih sangat sangat alami ini dengan asrinya hutan hujan tropis, lokasinya tersembunyi sehingga masih jarang orang yang bisa sampai sana dan konon ini Air Terjun tertinggi di Pulau Lombok yaitu Air Terjun Sekeper dengan ketinggian 110 M yang lokasi tepatnya ada di desa Santong, Kecamatan Kayangan, KLU.
Perjalanan dari Mataram menuju Santong, kita akan menempuh selama dua jam naik motor dengan. Sampai di Santong, kita akan berjalan kaki menuju lokasi air terjunnya dimana air terjun ini berada di antara dua gunung kembar di sebelah utara rute yang kita jalani dengan waktu tempuh menuju lokasi beriksar 4 jam.
Foto: Perkebunan Coklat milik warga di sepanjang rute menuju Air Terjun Sekeper

Sambil di perjalanan anda akan menikmati keindahan perkebunan coklat warga sekitar dan di sepanjang jalan ada warung makanan yang dapat anda singgahi untuk membeli perbekalan untuk anda nikmati di Lokasi Air Terjun Sekeper yaitu perbekalan berupa air minum dan roti.
Di deket warung ini ada persimpangan, kalo yang ke arah bawah yaitu menuju DAM, kita ambil jalur yang atas. 

Belum terlalu jauh berjalan, sampai di persimpangan dimana di sebelah kiri ada berugak dan dua bangunan yang mirip Toilet Umum, yang sepertinya sudah tidak berfungsi lagi. Jalan ke kanan yang menurun ini adalah jalan menuju Air Terjun Tiu Teja.
Checkpoint kita yang pertama yaitu di sebuah jembatan kayu yang di bawahnya mengalir sungai jernih berbatu batu raksasa, yang mana ini adalah sumber air dari Air Terjun Tiu Teja yang persimpangannya kita lewati tadi. Disini dipilih jadi lokasi istirahat karena di depan sana menanti jalur menanjak yang lumayan curam dan panjang.

Foto: Anak Sungai Air Terjun Tiu Teja yang kami lintasi

Sesampai di Air Terjun Sekeper jangan sampai tidak meluangkan untuk berenang dengan air terjun yang jernih dan dengan ditemani ikan-ikan kecil yang ada di dalam air tentunya menambah kesenangan anda saat berenang. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui mengenai daerah ini yakni tidak boleh sembarangan ngomong apalagi ngomong yang jelek-jelek, tidak boleh buang sampah sembarangan, dan tidak boleh berperilaku ceroboh bahkan berpikiran yang negatif. Karena daerah ini pernah menelan korban dikarenakan kelakuan yang senonoh.
Tentunya bagi kamu para petualang tangguh perjalanan menuju ke Air Terjun Sekeper ini sangat menyenangkan. Selamat mencoba ea sobat.......!!
Pesona Alam Lainnya
Baca Selengkapnya

No comments: